UNIKAMA – Sumber daya manusia (SDM) yang melek teknologi menjadi kebutuhan mutlak di era modern. Hal inilah yang mendorong Jurusan Sistem Informasi (SI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) untuk membekali mahasiswanya dengan ilmu dan penguasaan teknologi yang unggul.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi SI Syahminan SKom MKom mengatakan bahwa mahasiswanya telah dibekali kemampuan untuk menguasai teknologi website, mobile Internet of Things (IoT), sistem analisis, serta menguasai technopreneurship. Hal ini juga didukung dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Dengan menerapkan kurikulum MBKM, kami juga melakukan pertukaran mahasiswa dengan universitas Ma Chung. Jadi mahasiswa bisa mengetahui bagaimana kemampuan dosen saat mengajar,” ujarnya.

Selain itu, jurusan SI juga telah mendapatkan hibah kepada masyarakat. Kegiatan ini didanai oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan dieksekusi oleh mahasiswa yang aktif.

“Dengan hibah masyarakat ini, mahasiswa bisa melakukan program kreativitas berbasis teknologi dilingkungan masyarakat, membuat aplikasi yang berbasis IoT, dan berbagai macam aplikasi lainnya,” tambah Syahminan

Selain itu, mahasiswa jurusan SI juga dibekali minimal 2 sampai 3 kompetensi yang disetujui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini dilakukan, agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Beberapa prestasi yang sudah diraih oleh mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Unikama antara lain, juara 4 lomba startup di enterpreneur fest II di Makassar; juara harapan 2 lomba startup di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP); dan juara II dari Grant Kemenpora dalam event Youth Co:Lab Indonesia.

Syaminan berharap ke depan prodi tersebut bisa terus beradaptasi dan mengikuti kemajuan serta perkembangan teknologi. Selain itu juga menyesuaikan kebutuhan dunia usaha dan dunia industry (DUDI).

Terapkan Kurikulum MBKM, Prodi SI Unikama Cetak SDM Melek Teknologi
WhatsApp chat