UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terima Kunjungan Industri dari SMK Raudlatul Malikiyah, Rabu (29/01/2020) di Auditorium Multikultural. Kunjungan tersebut diwakili oleh 60 orang diantaranya Kepala Sekolah, 9 guru pendamping dan 50 siswa dari Jurusan Akuntansi serta TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Kali ini SMK Raudlatul Malikiyah berkunjung ke dua Prodi (Program Studi) di Unikama yakni Prodi Akuntansi dan Prodi Sistem Informasi (SI).

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Dr. Sulistyo, M.Ak, yang mewakili dari pimpinan Universitas Kanjuruhan Malang. Ia sangat senang sekali apabila ada siswa yang ingin berkunjung dan belajar di Unikama.

“Saya ucapkan selamat datang di kampus kami yang tercinta ini, kami sangat senang adanya kunjungan industri seperti ini. Selain menjalin silaturahmi, Unikama sangat bangga bisa mengenalkan kampus dan membagikan sedikit ilmu untuk kalian semua. Semoga pertemuan kita kali ini bisa memberikan manfaat baik bagi Unikama dan juga SMK Raudlatul Malikiyah,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Unikama merupakan kampus Multikultural. Banyak sekali alumni Unikama yang sudah tersebar di berbagai Kota di Jawa Timur salah satunya di Probolinggo.

“Banyak sekali mahasiswa kami yang sekarang menjadi guru di Probolinggo. Sekarang ini juga banyak yang meneruskan pendidikannya di Program Magister. Semoga pertemuan pertama ini bisa menjadikan jembatan bagi kami semua untuk lebih mengenalkan apa itu Akuntansi dan Sistem Informasi di kesempatan selanjutnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolak SMK Raudlatul Malikiyah Probolinggo Abdul Ghofur S.Pd., M.Pd berterimakasih atas sambutan Unikama yang luar biasa.

“Terimakasih atas sambutan yang sangat baik dan ramah ini, sebenarnya rombongan kita ada banyak tetapi dibagi menjadi dua yang satu ke Surabaya. Tujuan kami melakukan kunjungan industri ini selain untuk silaturahmi yakni ingin menyadarkan siswa kami akan ilmu pengetahuan,”paparnya.

Ia sangat berharap, nantinya siswa SMK Raudlatul Malikiyah bisa meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus nanti.

Di sisi lain, Kaprodi Sistem Informasi Yoyok Sebi Dwanoko, S.Pd., M.Pd juga turut menerangkan kepada siswa tentang sistem perkuliahan dan apa saja ilmu yang didapat mahasiswa dalam perkuliahan di Prodi Sistem Informasi.

“Banyak sekali yang bisa dipelajari disini, mulai dari sistem dan pemrograman komputer. Mahasiswa Prodi SI juga banyak yang menorehkan prestasi saat mengikuti kompetisi. Ada juga yang bisa membuat program untuk menyaring berita-berita atau informasi yang hoax,” tuturnya.

Setelah prosesi penyambutan di Auditorium Multikultural Unikama, siswa-siswi ini digiring untuk melakukan kunjungan ke lokasi Prodi Akuntansi dan Sistem Informasi. Untuk Prodi Akuntansi mereka ditunjukkan sistem pembelajaran di ruang kelas, CPA Center dan Galeri Investasi Bursa efek Indonesia yang merupakan fasilitas di Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Jurusan Akuntansi khususnya. Sedangkan untuk Prodi Sistem Informasi, mereka diajak untuk melihat sistem pembelajaran, Laboratorium Komputer, Demo Robotik dan cara pemrograman.

Harapan kedepan, Unikama ingin untuk melakukan kerjasama yang berkesinambungan. Sehingga siswa SMK Raudlatul Malikiyah Probolinggo bisa melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Unikama. Begitupun sebaliknya, Mahasiswa Unikama bisa melakukan Magang atau PKL dan untuk Dosen bisa menjadi pemateri dan memberikan pelatihan terkait pembelajaran di SMK sesuai dengan jurusan masing-masing.

Kunjungi Unikama, SMK Raudlatul Malikiyah Probolinggo Berharap Alumni Miliki Pendidikan Tinggi
WhatsApp chat