Penyampaian materi

Sistem Informasi – Mahasiswa semester lima Program Studi  Sistem Informasi (Prodi SI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan pelatihan kepada siswa kelas 3 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Dharma Wanita Kromengan. Kegiatan ini diberikan kepada siswa tentang ilmu yang dibutuhkan berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) menjadi latar belakang kegiatan ini.

Pelatihan ini dilakukan empat orang mahasiswa antara lain, Muhammad Andi Wibowo, M. Andi Rachmansyah, Salsabila, dan Yohana Undi. Keempat mahasiswa ini diarahkan langsung oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Syahminan, S.Kom., M.Kom.

Dalam paparannya, Muhammad Andi Wibowo menerangkan bahwa siswa di SMK Dharma Wanita khususnya jurusan TKJ dan RPL perlu mendapatkan ilmu tambahan.

“Mereka perlu memahami dasar pembuatan website sederhana, bahasa pemrograman yang lebih detail, penjelasan tentang html dan css. Di samping itu, kami juga meminta siswa untuk mempraktikannya langsung seperti cara programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan computer (coding) yang telah dijelaskan sebelumnya,” terang Andi.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih oleh 50 siswa ini untuk mempersiapkan ujian kompetensi bagi mereka dan memperbaiki kinerja lewat peningkatan pengetahuan. Pelatihan ini juga memberikan dampak positif untuk siswa kelas 3, selain bisa mempersiapkan uji kompetensi mereka juga mendapatkan materi yang belum dipelajari di sekolah.

“Saya berharap siswa juga lebih meningkatkan keterampilannya setelah pelatihan ini. Kami menyarankan untuk mereka terus berlatih meskipun di rumah, ini juga bisa menjadi bekal untuk bekerja setelah lulus nanti,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan guru TKJ dan RPL SMK Dharma Wanita Kromengan Muhammad Masduki Zen, S.Kom. sangat mendukung kegiatan ini. Selain untuk menambah wawasan siswa, juga dapat melatih kompetensi untuk menghadapi ujian nantinya.

“Pelatihan ini bisa menambah bekal siswa setelah mereka lulus nanti, saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mahasiswa Prodi Sistem Informasi bisa membagi ilmu-ilmu lainnya,” tuturnya.

Ia juga berharap, Unikama semakin maju dan mahasiswanya bisa selalu berbagi ilmu kepada siswa-siswi tingkat SMK sederajat terutama tentang Teknologi Informasi.

Tingkatkan Pengetahuan, Mahasiswa SI Unikama Beri Pelatihan Coding di SMK Dharma Wanita Kromengan