UNIKAMA – SAITECHI Competition merupakan kompetisi tingkat Nasional yang diadakan oleh SM-FST (Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang setiap tahun. Ini merupakan kompetisi dalam karya tulis ilmiah, yang tentunya dengan tema berbeda-beda.

Kali ini SM-FST mengambil tema “Inovasi dan Strategi Generasi Milenial dalam menghadapi tantangan normal baru melalui implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan pembangunan Indonesia berkelanjutan”.

Bayu Hadi Mulyanto selalu Ketua Panitia menerangkan tema tersebut diambil dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kontribusi bagi pembangunan bangsa.

“Sebagai mahasiswa tentunya harus memiliki kesadaran sosial yang tinggi dan mempunyai pemikiran yang maju untuk selalu berinovasi terutama untuk kemajuan bangsa dan juga normal baru. Maka dari itu, kami mengambil tema ini dan membaginya lagi ke beberapa tema yang lebih mengerucut dan bermacam- macam,” tuturnya.

Tema yang di bagi juga mengarah kepada tantangan di era normal baru yang juga mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun tema tersebut antara lain, pendidikan, teknologi, kesehatan, sosial dan budaya, pariwisata, pertanian, ekonomi, peternakan dan juga politik.

“Kompetisi ini terbuka untuk umum mahasiswa aktif S1/D4/D3 PTN/PTS Se-Indonesia serta bisa mendaftar secara individu maupun kelompok. Setiap individu dan kelompok harus mengirimkan 3 naskah dengan tema yang berbeda-beda,” ujarnya.

Pendaftarannya sendiri dibagi menjadi 3 gelombang, gelombang I mulai 5 sampai 11 Juli (Free Registration), gelombang II 12 Juli sampai 2 Agustus 2021 dengan pembayaran Rp. 30 ribu, untuk gelombang III mulai 3 sampai 31 Agustus 2021 dengan pembiayaan registrasi sebesar Rp. 45 ribu.

“Semua kegiatan akan dilaksanakan secara Daring, mengingat saat ini masih masa pandemi. Peserta akan mengirimkan hasil karya tulisnya dan juga video pembuatan melalui e-mail tanggal 9 sampai 25 September 2021,” tambahnya.

Ia berharap, lewat karya tulis mahasiswa ini bisa membantu pembangunan bangsa dan mendorong mahasiswa agar memiliki inovasi tinggi.

Libatkan Mahasiswa dalam Pembangunan Bangsa, SM-FST Unikama Gelar SAITECHI Competition
WhatsApp chat